Sabtu, 29 Agustus 2015

Cara Membuat Essay Sederhana

Assalamualaikum Wr Wb. kali ini gua mau sedikit memberi tau bagaimana cara membuat essay yang baik dan benar. Sebenenernya ilmu ini gua dapat dari kursus bahasa Inggris di salah satu Lembaga pendidikan bahasa inggris. setelah gua merenung sepertinya gaada perbedaan yang signifikan dari essay bahasa inggris dan bahasa indonesia. jadi dalam membuat essay itu intinya kita perlu Thesis Statement. apa itu thesis statement?
jadi thesis statemen itu adalah kalimat yang letaknya di akhir paragraph pertama yang berfungsi seperti topik utama atau kalimat utama. contohnya : "ada 3 langkah yang dapat kita lakukan dalam memberantas kejahatan" atau "ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk meingkatkan pendapatan kita"

Nah itu lah yang disebut thesis statement nah biar lebih jelasnya gua akan memberikan sebuah essay contoh yang gua pake buat tugas kuliah, mohon maaf kalo banyak kekurangan pada essay gua nanti. Essay ini jauh banget dari kata bagus, cuma essay sederhana cuma ini buat referensi temen temen aja.

"MENGURANGI DAMPAK NEGATIF INTERNET
            Apa kalian tau intenet? Jika muncul pertanyaan diatas pasti jawabanya adalah iya. Apa kalian tau dampak dampa knegative dari internet? Jika pertanyaan seperti itu yang muncul mungkin sebagian besar dari kita akan menjawab “tau”, tapi dengan jawaban “tau” apa kita sudah menghindarinya? Apa yang kita rasakan? Apakah dampak negative yang lebih dominan atau dampak positifnya? Banyak sekali dari kita yang sudah mengetahui dampak negative dari internet, namun kita masih mengabaikanya dan menganggap itu adalah sebuah hal yang wajar di zaman yang modern seperti ini. Apa kalian tau bahwa dampak dampak tersebut bisa mempengaruhi kehidupan kita? Banyak sekali dampak negative yang ditimbulkan oleh internet. Oleh sebab itu ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk mengurangi dampak negative dari internet."

paragraf pertama (pembukaan) : kalimat yang gua cetak tebal dan bergaris bawah itu adalah thesis statement. nah thesis statement itu akan dibahas di paragraph 2 3 dan 4.


            "Pertama, mempelajari dampak negative dari internet. Seorang dokter akan sulit menyembuhkan pasien yang tidak memberitahukan apa keluhan dari sakitnya. Sama seperti internet, jika kita tidak mengetahui dampak apa saja yang termasuk dampak negative dari internet bagaimana kita mau menanggulanginya.     Banyak sekali cara mempelajarinya kita bisa browsing di internet dan kita bisa menemukan banyak sekali dampak-dampak negative tersebut. Hanya dengan membuka www.google.com dan memasukan keyword “dampak dampak negative dari internet”akan muncul ratusan artikel yang dapat kita baca dan pelajari".
            Kedua, berfikir kritis dan berhati hati dalam menggunakan internet. Jika kita berfikir secara kritis kita akan mengetahui dampak dampak apa saja yang akan ditimbulkan oleh internet. Jika kita berfikir secara kritis dan hati hati kita tidak hanya menikmati dampak positif dari internet namun kita pasti akan memperhitungkan dampak negativenya. Karena dengan berfikir secara kritis kita akan memperhitungkan hal-hal yang baik atau buruk untuk kita dan orang lain. Itulah mengapa kita perlu berfikir kritis untuk menghindari dampak dampak negative dari internet.
            Terakhir, meningkatkan iman dan takwa. Dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita dapat menghindari beberapa dampak negative dari internet. seperti membuka situs situs yang tidak layak untuk dibuka, atau melakukan pembajakan situs atau yang biasa kita sebut hacking. Dengan meningkatkan ketakwaan kita bisa menghindari dampak dampak negative dari internet. dan kita bisa menghindarinya.

paragraf kedua, ketiga dan keempat (isi) : kalimat kalimat yang gua cetak tebal dan bergaris bawah adalah penguraian dari thesis statement tadi. karena thesis statement kita membahas "langkah untuk mengurangi dampak negative" maka tentu saja paragraf 2,3 dan 4 akan membahas tentang langkah langkah tersebut seperti : mempelajari dampak negative, berfikir kritis dan meningkatkan iman dan takwa"

            Jadi setelah apa yang kita bahas diatas kita dapat menyimpulkan bahwa untuk mengurangi dampak negative dari internet, kita bisa mempelajari dampak negative dari internet, berfikir kritis dan berhati hati dalam menggunakan internet, meningkatkan iman dan takwa. Dengan beberapa cara diatas kita, bisa menanggulangi dampak negativenya. 

pada paragraf kelima (kesimpulan) : kita bisa menyebutkan inti dari thesis kita dan kita juga menyebutkan kalimat kalimat yang mendukung thesis kita. mungkin hanya itu yang dapat gua sampaikan semoga bermanfaat buat teman teman, masih banyak kekuranganya dan mohon kritik dan saranya dari teman teman. terimakasih atas kunjunganya.

Yap kira kira itulah cara menulis essay sederha yang gua pelajari. semoga bisa membantu teman teman dan semoga bermanfaat ditunggu kritik dan saranya di kotak komentar di bawah :) sekian dan terimakasih.

2 komentar: